Waaahh ..!! Ini Lho Tips Agar Melahirkan Normal Tidak Terlalu Merasakan Sakit.. Ikutin Tips Ini Yaa..

Bagi wanita yang baru pertama kali hamil, membayangkan proses persalinan normal mungkin menjadi hal yang sangat menakutkan. Kesulitan dan rasa sakit yang timbul saat menjalani tahap demi tahap dalam proses melahirkan sering kali menjadi sugesti tersendiri. Hal ini tak jarang membuat banyak wanita jadi memilih metode melahirkan yang lebih nyaman seperti metode water birth, operasi caesar, atau vaccum.


Dikaruniai buah hati adalah anugrah bagi seorang ibu. Namun, tidak dipungkiri proses persalinan acap kali menjadi momen yang ditakuti karena harus mengalami rasa sakit. Bagi calon ibu dan bahkan ibu yang sudah pernah punya anak pun pasti akan merasakan gugup jelang persalinan. Jika kamu merasakan ketakutan yang sama, jangan khawatir, Moms. Berikut beberapa tips agar rasa sakit saat melahirkan dapat diminimalisir.

1. Suami Selalu di Sisi

Selain menenangkan, suami juga dapat berperan sebagai tempat menyalurkan rasa sakit dengan cara mencubit atau menggenggam tangannya. Setidaknya dengan adanya suami di samping kita, rasa sakit sedikit berkurang.

2. Bayangkan Wajah Bayi

Alihkan pikiranmu dengan membayangkan wajah menggemaskan si mungil. Dengan begini maka kamu akan lebih mudah menahan rasa sakit karena tidak lama lagi kamu akan melihat wajah kecil buah hatimu.

3. Siapkan Air Panas dan Dingin  

Trik ini dipercaya sangat nyaman dan menenangkan. Cobalah minta suami merendam handuk kecil di air hangat dan handuk kecil lainnya di air dingin. Kemudian usapkan kedua handuk tersebut secara bergantian di kulit untuk memberi sensasi nyaman.

4. Percaya Diri

Ubah mindset-mu menjadi positif. Jika kamu berpikir bahwa kamu sanggup melawan rasa sakit saat melahirkan normal, maka otomatis kemampuan tubuh menahan sakit juga bertambah. Jadi, percaya dirilah, Moms!


Persalinan Normal Dengan Rasa Sakit yang diminimalisir

Kendati ada banyak metode melahirkan yang dapat dipilih, namun tahukah Anda jika berdasarkan beberapa penelitian diketahui bahwa persalinan normal ternyata merupakan metode melahirkan yang paling baik. 

Persalinan normal memberikan beberapa keuntungan seperti membuat kebugaran, kondisi rahim, dan mental ibu menjadi lebih cepat pulih, membuat ikatan batin antara ibu dan bayi semakin kuat, serta menghemat biaya. Keuntungan-keuntungan ini tentu sayang jika diacuhkan begitu saja, oleh karena itu semisal kondisi kesehatan Anda memungkinkan, pilihlah metode melahirkan dengan cara normal ini, sedangkan jika Anda takut dengan rasa sakit yang ditimbulkannya, ikutilah beberapa tips persalinan normal tanpa rasa sakit berikut ini. 


1. Dapatkan Pengetahuan Lebih Untuk menjalani persalinan normal tanpa rasa sakit, Anda dituntut memiliki pengetahuan lebih seputar tips dan kiat-kiat dalam menjalani kehamilan dan persalinan. Memiliki pengetahuan lebih tentang keadaan diri Anda dan kondisi kesehatan Anda bisa membuat Anda lebih tenang saat menghadapi persalinan. Adapun pengetahuan mengenai kehamilan dan persalinan sebetulnya dapat Anda peroleh dengan mudah. Belilah buku panduan ibu hamil yang dipasti ada di toko buku, atau baca artikel-artikel kesehatan kehamilan yang ada di internet. Namun, jika Anda menggunakan artikel di internet sebagai referensi, pastikan bahwa sumbernya jelas dan valid

2. Konsumsi Makanan Bergizi Persalinan normal tanpa rasa sakit juga dapat diperoleh dengan banyak mengkonsumsi makanan bergizi. Perhatikan asupan vitamin dan suplemen Anda, terutama vitamin penambah darah dan suplemen kalsium. Makanan bergizi yang diimbangi asupan suplemen dapat membuat kondisi badan Anda tetap sehat, meminimalkan keluhan di masa kehamilan, mempersiapkan persalinan, serta menghindari risiko yang mungkin muncul saat persalinan. 

3. Rutin Memeriksa Kandungan Secara rutin, periksakan kesehatan kandungan Anda pada dokter atau bidan setempat. Kesehatan dan kondisi kehamilan setiap orang bisa berbeda-beda, untuk itu pemeriksaan rutin bisa membantu Anda untuk mengetahui sejak dini masalah-masalah yang mungkin akan muncul dalam proses persalinan Anda, sehingga Anda bisa menanganinya lebih awal dan kejadian yang tidak diinginkan bisa dicegah. 

4. Lakukan Senam Hamil Melakukan senam hamil pada usia kehamilan trimester ketiga sangat membantu Anda untuk memperoleh persalinan normal tanpa rasa sakit. Berbagai latihan gerakan dalam senam hamil seperti latihan pernapasan, latihan mengejan, dan lain sebagainya menolong Anda dalam menemukan posisi nyaman dan melatih Anda untuk lebih siap menghadapi persalinan normal. 

Senam hamil juga dapat membantu kondisi tubuh Anda tetap fit dan mengatasi keluhan-keluhan yang muncul selama kehamilan.

5. Pilih Tempat Bersalin Untuk menjalani persalinan normal tanpa rasa sakit, Anda sebaiknya dari jauh-jauh hari menyiapkan tempat bersalin yang telah dipercaya. Jika bisa, usahakan tempat bersalin itu adalah tempat dimana Anda biasa melakukan pemeriksaan rutin, agar jika saat bersalin ada masalah, ia dapat dengan cepat menanganinya. 

6. Perbanyak Berdoa Seusai sholat atau beribadah, berdoalah untuk kesehatan kehamilan dan kemudahan proses persalinan. Berdoa bisa membuat hati dan pikiran lebih tenang dan menghindari stres serta ketakutan yang berlebihan. Adapun jika Anda membutuhkan kumpulan doa untuk ibu hamil, kami juga telah menyediakannya di link ini: http://www.ibu-hamil.web.id/2015/01/kumpulan-doa-ibu-hamil-beserta-aksara.html. 



Nah, itulah tips yang dapat Anda lakukan agar Anda bisa memperoleh persalinan normal dengan rasa sakit yang bisa Anda minimalisir. 


Semoga bisa bermanfaat. 








Sumber  
ibu-hamil.web.id
family.fimela.com
vemale.com

Postingan populer dari blog ini

Kamu Gemuk ..?? Gak Usah Malu .. Ini Yang Bikin Kamu Wanita Gemuk Lebih Spesial Daripada Wanita Kurus..

Masih Ingat 2 Bocah Ini ..?? Anda Akan Terkejut Melihatnya Sekarang ..

Kamu Pesek ..?? Ga Usah Minder ya .. InI Lho Keunggulan Hidung Pesek Daripada Hidung Mancung .. MENGGEMASKAN